Pengertian dan fungsi tombol keyboard secara umum

Pengertian dan Fungsi Keyboard


Keyboard adalah perangkat input dan merupakan salah satu perangkat keras komputer yang memiliki berbagai tombol yang memiliki fungsi berbeda tergantung pada penekanan yang dapat menghasilkan proses sesuai kehendak kita.

Fungsi keyboard berdasarkan tombol ketiknya, keyboard dapat digunakan untuk beberapa kebutuhan seperti mengetik atau memasukkan dokumen data dan kemudian menampilkannya pada monitor PC kami. Jenis kunci yang dimaksud terdiri dari angka dan huruf di komputer.

Fungsi keyboard berdasarkan tombol fungsinya, keyboard dapat menjalankan perintah tertentu pada sistem operasi jika beberapa tombol digabungkan. Sebagai contoh Jika tombol ctrl digabungkan dengan E, maka Anda dapat membuka jendela Explorer.

Fungsi keyboard didasarkan pada tombol fungsinya, keyboard umumnya mengatur tombol fungsi dengan perangkat lunak komputer, misalnya ketika kita menekan f2, yang berfungsi untuk mematikan layar komputer dan tombol fungsi lainnya yang terdiri dari f1-f12 yang terletak di bagian bagian atas keyboard.

fungsi keyboard berdasarkan tombol alternatenya, keyboard memiliki tombol seperti enter, esc, tab dan fungsi alt tombol sangat berguna untuk dokumen dan operasi komputer.

fungsi keyboard berdasarkan tombol navigasi yang terletak di keyboard, ada tombol halaman bawah yang fungsinya untuk menurunkan layar ke bawah. kemudian tombol Page yang fungsinya adalah menaikkan layar. kemudian tombol End yang berfungsi untuk memindahkan kursor ke akhir kalimat, sehingga tombol home digunakan untuk memindahkan kursor ke awal kalimat. dan tombol navigasi adalah panah atas untuk naik, panah ke bawah ke kiri, lalu panah kiri ke kiri ke kanan dan banyak fungsi lainnya.

Baca juga : Harga keyboard Rexus K9TKL

Jenis-Jenis keyboard


Jenis-Jenis leyboard yang ada di pasaran didasarkan pada dua hal ini.

Jenis Keyboard Berdasarkan Bentuk


  1. Keyboard Serial
  2. Keyboard PS/2
  3. Keyboard wireless
  4. Keyboard USB
Baca juga artikel : Harga mouse logitech G102 prodigy

Jenis Keyboard Berdasarkan Tombol


  1. Keyboard QWERTY
  2. Keyboard maltron
  3. Keyboard Chord
  4. Keyboard Dvorak
  5. Keyboard Alphabetic
  6. Keyboard Klockenberg
  7. Keyboard Numeric
  8. Epic-Bluetooth Virtual Keyboard

Sekian Informasi Terkini tentang pengertian dan fungsi dari keyboard.

Baca juga artikel lainnya : Pengertian keyboard QWERTY